Six Sigma merupakan suatu strategi bisnis manajemen yang awalnya dikembangkan oleh Motorola , USA pada tahun 1981. Six Sigma bertujuan untuk meningkatkan kualitas output proses dengan mengidentifikasi dan menghapus penyebab cacat (kesalahan) dan meminimalkan variabilitas dalam manufaktur dan proses bisnis. Six Sigma sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Six Sigma bisa disebut strategi karena terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan dengan menjaga kualitas produk/jasa yang dihasilkan, dan Six Sigma bisa termasuk dalam sebuah disiplin ilmu karena mengikuti sebuah metode yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control ). DMAIC merupakan 5 faktor atau langkah-langkah penting dalam metodolgi Six Sigma. Penjelasan kelima langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
Define: yaitu tahap penentuan masalah, menetapkan phal apa saja yang diharapkan pelanggan................
Whatever your industry, improved productivity is desirable yet often very hard to secure.
ReplyDelete